FAKTANUSA.COM, BALIKPAPAN, – Anggota TNI AD dari Batalyon Zeni Tempur 17/Ananta Dharma ( Yonzipur 17/AD) Kodam VI/Mulawarman melaksanakan Karya Bakti disejumlah wilayah di Balikpapan Utara.
Karya Bakti yang dilaksanakan Yonzipur 17/AD Kodam VI/Mulawarman berupa Kerja Bhakti dan Penyemprotan Disinfektan di lingkungan Pasar Tradisional Pasar Buton di Jalan MT. Haryono dan RT 66 Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, Kamis, (24/3/2022).

Dalam karya bakti ini, Batalyon Zipur 17/Ananta Dharma mengerahkan sebanyak 35 anggotanya untuk membantu masyarakat dalam membersihkan lingkungan sekitar, baik lingkungan RT maupun lingkungan pasar, dari pembersihan parit hingga membersihkan sampah disekitar lingkungan pasar.
Hal tersebut bertujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat dalam menciptakan lingkungan bersih dan nyaman, sehingga menjadi lingkungan yang sehat terbebas dari kuman sampah yang menjadi sebab sumber penyakit.

 

Sedangkan untuk penyemprotan disenfektan sendiri dilakukan didalam lorong pasar hingga lapangan parkir, Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya TNI AD untuk memutus mata rantai Covid-19 yang hingga saat ini masih menyelimuti masyarakat di Indonesia, terkhusus di kota Balikpapan.
Komandan Batalyon Zipur 17/Ananta Letkol Czi Angga Wijaya melalui Pasi Intel Batalyon Zipur 17/Ananta Lettu Czi Resqa Maulana menyampaikan, kegiatan sosial tersebut merupakan perintah langsung dari Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso untuk melaksanakan giat sosial yang berdampak langsung kepada masyarakat.
“Kegiatan sosial seperti ini telah¬†rutin dilaksanakan Yonzipur 17/AD Kodam VI/Mulawarman sejak tahun 2021 lalu dengan menyasar fasilitas umum seperti pasar-pasar hingga terminal”ujar Lettu Czi Resqa Maulana saat dijumpai awak media di lokasi kegiatan kerja bhakti.
“Kegiatan sosial ini tidak akan berhenti sampai disini, tapi akan terus dilaksanakan sesuai dengan perintah Pangdam VI/Mulawarman untuk dapat besinergi bersama masyarakat”lanjutnya.
Resqa Maulana mengatakan, kegiatan karya bakti ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar berpola hidup sehat dengan menciptakan lingkungan bersih dan nyaman dan tidak membuang sampah sembarangan sehingga menjadi budaya dalam menjaga kebersihan lingkungan khususnya di Kota Balikpapan.

Sedangkan untuk penyemprotan disenfektan bertujuan untuk memutus mata rantai Covid-19 bagi masyarakat, mengingat pasar adalah tempat keramaian dan sebagai tempat perputaran roda ekonomi dalam sehari-hari.
Menurut Resqa Maulana, giat sosial ini merupakan salah satu jati diri TNI AD yaitu sebagai tentara rakyat yang juga lahir dari rakyat, sesuai¬†dengan semboyan TNI “Bersama Rakyat, TNI kuat.”
“Saya mewakili seluruh warga Batalyon Zeni Tempur 17/Ananta Dharma Kodam VI/Mulawarman mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada masyarakat yang ikut terlibat dalam giat sosial ini. Saya juga berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua”pungkasnya
Sementara itu, ditempat yang sama, Ketua RT 66 Andi Baspandi, menyambut baik kegiatan kerja bakti bersama di lingkunganya. Paling tidak melalui kegiatan ini akan akan lebih lebih mempererat tali silaturahmi antara masyarakat dan TNI.

“Terima kasih banyak, karena sudah bekerja sama dan membantu melaksanakan gotong royong di wilayah kami. Mudah-mudahan bisa terjalin kerja sama yang baik antar warga dan TNI,”tandasnya
Hal serupa juga diucapkan para pedagang di Pasar Buton, seperti yang dikatakan Mama Ongky, yang merasa senang atas kedatangan para TNI AD Batalyon Zipur 17/AD ke Pasar Buton untuk kerja bakti membersihkan lingkungan pasar, di samping itu dirinya mengucapkan terimakasih atas penyemprotan Disinfektan di area pasar.
“Senang pa, lingkungan jadi bersih, sehat, saya mengucapkan terimakasih kepada TNI AD yang telah membantu masyarakat dalam menjaga lingkungan, Hidup TNI… “serunya. (**)
Editor : Shinta Setyana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here