Faktanusa.com, Balikpapan – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-77 yang tema TNI Adalah Kita, artinya TNI yang merupakan bagian dari rakyat itu sendiri
Pangdam VI/Mulawarman mayjen TNI Tri Budi Utomo memimpin upacara dan komandan upacara dan satpom lanud dhomber letkol POM Eko Zain kusnanda.
HUT TNI ke 77 ini digelar di lapangan upacara Kodam VI/Mulawarman Kota Balikpapan Rabu (5/10/2022).
Upacara Peringatan HUT Ke-77 TNI dengan tema “TNI Adalah Kita” itu dimulai. Di jajaran tamu kehormatan hadir Gubernur Kaltim, Kapolda Kaltim beserta unsur Forkopimda lainnya, Pejabat Kodam, Danlanal Balikpapan dan Danlanud Dhomber Balikpapan serta Ketua Dharma Pertiwi Daerah F Ny. Rahma Tri Budi Utomo beserta pengurus.

Pada Upacara tersebut juga dilaksanakan penganugerahan Tanda Kehormatan Negara yaitu Satya Lencana XXIV Tahun kepada Mayor Cpl Miswandi (TNI AD), Satya Lencana XVI Tahun kepada Serda Yudi Susanto (TNI AL) dan Satya Lencana VIII Tahun Praka Catur (TNI AU)
Dalam amanat Panglima TNI Andika Perkasa yang dibacakan oleh Pangdam VI/Mulawarman mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan bahwa TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat. Hasil survei Lembaga Indikator Politik Indonesia pada tanggal 22 Juni 2022 TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari Publik sebesar 93,2 %. Sedangkan hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022 TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93 %. Demikian juga hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 22 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi sebesar 93,5%.
“Saya menghimbau kepada seluruh prajurit dan PNS TNI selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI.” kata Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Dalam keadaan kondisi hujan upacara HUT TNI yang ke 77 tetap berjalan dengan lancar dan hikmat diikuti oleh 1.090 pasukan upacara, 338 pendukung, dengan jumlah sekitar 1.428 orang.
Usai upacara para tamu undangan menyaksikan atraksi Kolone Senjata dari Yonif R 600/Modang, Beladiri Karate oleh Yonzipur 17/AD, Beladiri Silat oleh Yonkav 13/SL dan Tarung Bebas oleh Lanal Balikpapan. Serta diiringi pelaksanaan atraksi Drum Band Gita Canka Yonif 614/Raja Pandhita.
Kemeriahan Upacara HUT TNI ke-77 di lapangan Makodam VI/Mlw pun dilanjutkan dengan pelaksanaan Defile yang diikuti kelompok Pamen, Pama, Wan TNI maupun pasukan bersenjata. Hal yang menarik dari Defile ini adalah bagaimana pengerahan Alutsista Satbanpur (Bantuan Pertempuran) yang tersusun dari kendaraan Jihandak (penjinak bahan peledak) dan Nubika (Nuklir, Biologi dan Kimia), Meriam 105 dan 23 mm, Panser Anoa, Rudal MML Poprad, Sea Reader Boat, dan Landing Craft Rubber (LCR) TNI AD dan AL, sehingga mampu untuk menarik minat masyarakat, terlebih lagi beberapa kendaraan ditumpangi oleh ratusan pelajar.
Editor : Shinta Trisiana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here