Faktanusa.com, Balikpapan – Terkait pelayanan kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kota Balikpapan, anggota komisi IV DPRD Kota Balikpapan melakukan sidak ke sejumlah Puskesmas yang ada di Kota Balikpapan yaitu Puskesmas Prapatan, puskesmas Telaga Sari, Puskesmas Mekar Sari dan di Puskesmas Karang Jati serta ke UPTD Instalasi Farmasi dan Perbekalan Kesehatan di kelurahan Mekar Sari kota Balikpapan. Senin (18/5/2022).
Kunjungan kerja dipimpin oleh Ketua Komisi IV DPRD Kota Balikpapan Doris Eko dan sejumlah anggota Komisi IV lainnya serta dihadiri mitra kerjanya yaitu Dinas kesehatan kota (DKK) Balikpapan. Untuk sidak kali ini yang dilakukan anggota komisi IV untuk melihat langsung pelayanan kesehatan di Puskesmas tersebut yang dikunjungi.

Kunjungan pertama ke Puskesmas Prapatan, Menurut Doris Eko Puskesmas Prapatan ini menjadi prioritas terkait pelayanan dan fasilitas penunjang dianggap masih kurang.
“Setelah kami turun ke lapangan, sudah waktunya puskesmas Prapatan ini dilakukan penambahan fasilitas. Sebenarnya lahan puskesmas Prapatan ini sangat luas hanya saja ruang tunggunya sempit memungkinkan akan menambah bangunan lagi.” katanya saat sidak, kata Doris Eko.
Doris Eko menambahkan, Puskesmas Prapatan yang mempunyai lahan yang luas, namun dipakai untuk bangunan Sekolah Taman Kanak-kanak (TK). Dan menurut informasi bahwa bangunan sekolah TK tersebut punya salah satu yayasan di Kota Balikpapan.
“Inilah yang nanti coba kita koordinasikan dengan baik aset terkait legalitas atas kepemilikan lahan tersebut. Apakah masih masuk punya pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan atau bukan.” ujar Doris.
Setelah mengunjungi disejumlah puskesmas di Kota Balikpapan hal senada disampaikan oleh Wakil ketua Komisi IV DPRD kota Balikpapan Ardiansyah, menyatakan jika puskesmas Prapatan untuk kedepannya masih bisa dikembangkan karena memiliki lahan yang cukup luas seperti pembangunan ruang pertemuan dan ruang tunggu.
“Sedangkan yang di puskesmas karang jati lebih menyoroti pada akses jalan keluar untuk mobil ambulan yang terbilang sempit sangat mengganggu jika ada mobil lainnya terparkir di sisi kiri dan kanan badan jalan.” pungkasnya. (Shin/fn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here