Foto - Ketua Gapensi Kota Balikpapan,  Zaifuddin Zuhri
Faktanusa.com, Balikpapan – Badan Pengurus Cabang Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Balikpapan bakal menggelar pemilihan ketua Gapensi Kota Balikpapan pada tanggal 28 Juli 2022 ini.
Hal tersebut sehubungan akan berakhirnya masa kepengurusan Gapensi Kota Balikpapan periode tahun 2017-2022 dan dalam rangka memenuhi ketentuan AD/ART.
Ketua Gapensi Kota Balikpapan,  Zaifuddin Zuhri mengatakan pemilihan kali ini merupakan musyawarah cabang (muscab) ke – IX. Di mana akan dibuka pendaftaran bakal calon ketua yang akan mulai dibuka pada tanggal 13 hingga 18 Juli 2022.
Untuk kepesertaan sebagai pemilih akan berakhir pada tanggal 27 Juli 2022 mendatang.
“Kami buka pendaftaran bagi anggota yang siap maju jadi ketua. Untuk syarat-syarat pertama harus mendaftar dan kami sudah menyediakan formulir yang harus diisi kelengkapan dan persyaratannya,” kata Zaifuddin Zuhri kepada awak media ini saat diwawancari di kantor Gapensi kota Balikpapan,  Rabu (13/07/2022).
Zaifuddin Zuhri menambahkan untuk syarat lainnya sebagai calon ketua merupakan pengusaha yang perusahaannya minimal dalam 1 (satu) tahun terakhir tercatat dalam keanggotaan Gapensi. Kemudian menjadi anggota dan pernah duduk di badan pimpinan tingkat cabang, daerah maupun pusat minimal dalam 3 (tiga) tahun terakhir.
“Syarat lain calon ketua juga merupakan pengusaha yang legal perusahaannya minimal 1 (satu) tahun terakhir telah tercatat dalam keanggotaan Gapensi.” Ungkapnya.
Sementara, untuk menjadi anggota dan pernah duduk di badan pimpinan tingkat cabang, daerah maupun pusat minimal dalam 3 (tiga) tahun terakhir.
“Batas waktu untuk pendaftaran diri dan pengembalian formulir pendaftaran bakal calon ketua kami tunggu paling lambat tanggal 27 Juli 2022 Pukul 17.00 Wita di kantor Gapensi Kota Balikpapan, ” jelasnya.
Zaifuddin Zuhri menjelaskan bahwa untuk calon ketua Gapensi harus mendapatkan dukungan minimal dari 15 anggota Gapensi Kota Balikpapan yang telah memiliki kartu tanda anggota dilengkapi surat dukungan di atas materai yang ditanda tangani direktur/ direktur utama. Termasuk kewajiban memberikan dana partisipasi untuk penyelenggaraan Muscab IX Gapensi Kota Balikpapan Tahun 2022 minimal 50 juta rupiah.
“Jumlah anggota kami sampai saat ini masih ada sekitar 125, ini berkurang drastis ketika adanya pandemi Covid-19 yang menghantam sektor konstruksi dalam dua tahun terakhir. Tapi kami optimis akan bangkit lagi pasca pandemi ini,” imbuhnya.
Ditanya media ini mengenai dirinya untuk kemungkinan mencalonkan diri kembali sebagai ketua Gapensi Kota Balikpapan, Zuhri tidak menampik hal itu, namun dirinya tidak memberikan pernyataan langsung bakal maju kembali sebagai calon ketua Gapensi Kota Balikpapan untuk periode selanjutnya.
“Saya hanya bisa mendorong kepada para anggota agar maju menjadi menjadi ketua selanjutnya di organisasi Gapensi kota Balikpapan.” ujarnya.
“Saya memang baru satu periode jadi ketua, namun di badan pengurus saya sudah lima periode. Kita lihat saja bagaimana nanti.” pungkasnya.
Reporter & Editor : Shinta Setyana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here